ANALISIS PERILAKU PENGENDARA, KARAKTERISTIK LALU LINTAS SIMPANG, DAN PELANGGARAN RAMBU LALU LINTAS TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN TLOGOSARI SEMARANG

ANAK AGUNG, GEDE OKA TEJASUKMA (2019) ANALISIS PERILAKU PENGENDARA, KARAKTERISTIK LALU LINTAS SIMPANG, DAN PELANGGARAN RAMBU LALU LINTAS TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN TLOGOSARI SEMARANG. SKRIPSI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (433kB)

Abstract

Permasalahan yang sering di hadapi oleh negara – negara yang telah maju dan juga oleh negara yang sedang berkembang seperti Indonesia adalah permasalahan transportasi. Ada tujuan dari sektor transportasi ini adalah terciptanya suatu sistem tansportasi yang menjamin dan mendukung pergerakan manusia, kendaran dan barang secara lancar, aman, cepat, murah, nyaman dan sesuai dengan lingkungan. Menurut Undang – undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Kecelakaan lalu lintas adalah seuatu peristiwa di jalan yang tidak di duga dan di sengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan / atau kerugian harta benda. Ada banyak yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas,seperti: berkaitan dengan perilaku pendara, karakteristik lalu lintas, pelanggaran rambu lalu lintas dan kendaran yang keseluruhan itu sangat mempengaruhi terjadinya kecelakan lalu lintas. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui sejah mana pengaruh Perilaku pendara (X1), Karakteristik lalu lintas simpang (X2), dan Pelangaran rambu lalu lintas (X3),terhadap Kecelakaan lalu lintas (Y) di persimpangan Tlogosari Semarang. Perumusan masalah,tujuan penelitiandan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengearuh yang positif dan signifikan baik secara individual dan simultan anatara veriabel independen yaitu perilaku pengendara, karakteristik lalu lintas simpang,dan pelanggaran rambu lalu lintas terhadap variabel dependen yaitu kecelakaan lalu lintas. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengguna kendaran bermotor di persimpangan Tlogosari semarang. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna persimpangan Tlogosari Semarang melalui teknik Nonprobability Sampling yaitu dengan menggunkan metode Sampling Insindential. Teknik analisis datanya adalah teknik regrei linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan anlisis bergandadihasilan persamaan : Y=1.822 + 0.208X1 + 0.233X2 + 0.388X3 + µ Hasil persaman regresi linier berganda menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara Perilaku pengendara terhadap kecelakaan lalu lintas ( t hitung = 4.124 > t tabel =1,984),karakteristik lalu lintas simpang terhadap kecelakan lalu lintas (t hitung = 3.990 > t tabel = 1984), pelanggaran rambu lalu lintas terhadap kecelakaan lalu lintas (t hitung = 7.207 > t tabel = 1.984). Pengaruh ketiga variabel penelitian perilaku pengendara, karakteristik lalu lintas simpang, pelanggaran rambu lalu lintas dan berpengaruh 75,2% terhadap kecelakaan lalu lintas dan 24,8% di pengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdekteksi pada penelitian ini. Kata Kunci : Perilaku pengendara, Kecelakan lalu lintas simpang, Pelanggaran rambu lalu lintas dan Kecelakaan lalu lintas.

Item Type: Article
Additional Information: 1201.11.011
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:50
Last Modified: 20 Jan 2020 04:50
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item