PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR, KARAKTERISTIK LALU LINTAS, DAN KONDISI JALAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN SOEKARNO HATTA SEMARANG

FAIZAH ZUL, FARIDA KERNAWATI (2019) PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR, KARAKTERISTIK LALU LINTAS, DAN KONDISI JALAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN SOEKARNO HATTA SEMARANG. SKRIPSI.

[img] Text
Copy of Bab I .pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian dengan berbagai sebab, menempati urutan kesepuluh penyebab semua kematian dan kesembilan sebagai kontributor utama kematian global. Kejadian kecelakaan lalu lintas meningkat dalam jumlah maupun jenisnya dengan perkiraan angka kematian dari 5,1 juta pada tahun 1990 menjadi 8,4 juta pada tahun 2020 atau meningkat sebanyak 65 persen.Kecelakaan lalu lintas di Indonesia sendiri sudah memasuki tahap memprihatinkan yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dinilai menjadi pembunuh terbesar ketiga, di bawah penyakit jantung koroner dan tuberculosis/TBC. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas, seperti : berkaitan dengan jalan, pengemudi, lingkungan dan kendaraan yang kesemuanya itu sangatmempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pada penelitian ini akan dinanalisis tiga variabel penelitian yaitu perilaku pengendara sepeda motor, karakteristik lalu lintas dan kondisi jalan sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu kecelakaan lalu lintas. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara independen variabel yaitu perilaku pengendara sepeda motor, karakteristik lalu lintas dan kondisi jalan terhadap dependen variabel yaitu kecelakaan lalu lintas. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengguna ruas jalan Soekarno Hatta Semarang.Sumber data meliputi data primer dan sekunder.Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna ruas jalan Soekarno Hatta Semarang.Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan : Y = 1,114 + 0,241 X1 + 0,304 X2 + 0,309 X3 Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif secara parsial antara perilaku pengendara sepeda motor terhadap kecelakaan lalu lintas(t hitung 2,050 >t tabel1,9850), karakteristik lalu lintas terhadap kecelakaan lalu lintas(t hitung 2,765>t tabel1,9850) dan kondisi jalan terhadap kecelakaan lalu lintas(t hitung3,349>t tabel1,9850). Sedangkan untuk uji kelayakan model (F hitung10.996>F tabel2.70). Pengaruh ketiga variabel penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi R = 0,232. Secara simultan variabel perilaku pengendara sepeda motor, karakteristik lalu lintas dan kondisi jalan berpengaruh 23,2% terhadap kecelakaan lalu lintas dan 76,8%dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi pada penelitian ini. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu lintas, Perilaku Pengendara Sepeda Motor, Karakteristik Lalu Lintas, Kondisi Jalan

Item Type: Article
Additional Information: 1101.10.022
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:17
Last Modified: 20 Jan 2020 02:17
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item