Denisa, David Yuniarso (2019) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KAPTEN MULYADI KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH. SKRIPSI.
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB 1.2 3.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
Abstract
ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KAPTEN MULYADI KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH Jalan Kapten Mulyadi merupakan salah satu jalan alternatif menuju solo dan selain merupakan satu-satunya jalan menuju tempat wisata Tawangmanggu jalan Kapten Mulyadi juga terdapat taman terpadu taman Pancasila dan Alun – Alun Kota, sebagai konsekuensi pergerakan lalulintas jalan Kapten Mulyadi dari tahun ke tahun cukup tinggi dan terus mengalami peningkatan.sehingga memerlukan penanganan yang serius terkait dengan masalah kecelakaan yang disebabkan oleh padatnya lalu lintas,maka dari hal tersebut analisis kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Kapten Mualyadi dianggap perlu, penelitian ini menganalisis tentang kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Kapten Mulyadi Kab. Karanganyar Jawa Tengah. Penelitian dilakukan dari tahun 2010 – tahun 2014 data primer yang berasal dari wawancara dan dari dokumen di Polres Karanganyar khususnya di bagian satuan lalu listas digunakan untuk menganalisis karakteristik kecelakaan yang ada. Yang meliputi Angka kecelakaan, Upper Control Limits (UCL), Prosentase Indeks Keparahan Korban, Accident Rate, dan nilai Trend.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kecelakaan pada ruas jalan Kapten Mulyadi Kab. Karanganyar Jawa Tengah sepajang 8 kilometer pada tahun 2010 - 2014 mencapai 2476 kejadian. Dan setelah di analisis angka keterlibatan kecelakaan tertinggi pada tahun 2012 di ruas jalan Kapten Mulyadi setiap kilometer mencapai 106 kejadian, prediksi Upper Control Limits rata-rata yakni 1257,44 lebih tinggi dari angka keterlibatan kecelakaan yakni 310, prediksi prosentase indek keparahan korban meninggal dunia tertinggi terjadi pada tahun 2013 yakni 32,86% dan yang terendah pada tahun 2010 yakni 6%, prediksi tingkat kecelakaan selama penelitian dari tahun 2010 - 2014 adalah 1.471 tiap 100 per kilometer, yang tertinggi padda tahun 2011 dengan 618 tiap 100 juta per kilometer,dapat di simpulkan bahwa angka keterlibatan kecelakaan lebih kecil dari tingkat kecelakaan. Dari prediksi hasil perhitungan Trend menunjukkan penurunan 376,1 pada tahun 2015, menjadi 336,4 pada tahun 2016, lalu menjadi 350,7 pada tahun 2017, dan 260,3 pada tahun 2018, dan 217,3 pada tahun 2019. Hendaknya para instansi terkait (Polantas, DLLAJ, Bina Marga) dapat melakukan tindakan-tindakan untuk mengurangi tingkat kecelakaan untuk tahun berikutnya serta meminimalisirkan kecelakaan,penataan kembali seperti pemasangan pembatas jalan, penertiban pedagang, dan perlu adanya peningkatan infrastruktur prasarana lalu lintas. Kata Kunci : Analisis Kecelakaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 1201.11.024 |
Subjects: | Transportasi |
Divisions: | Program Studi > S1-Transportasi |
Depositing User: | AMNI Perpustakaan Semarang |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:15 |
URI: | http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/583 |
Actions (login required)
View Item |