ARDINANTA, NURJATMIKO (2019) “ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN RODA DUA DI JALAN NGEMBAL REJO KUDUS”. SKRIPSI.
Text
BAB II.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian dengan berbagai sebab, menempati urutan kesepuluh penyebab semua kematian dan kesembilan sebagai kontributor utama kematian global. Kejadian kecelakaan lalu lintas di dunia setiap tahunnya sebanyak 1,24 juta jiwa setara dengan 3.397 orang setiap harinya. Sedangakan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Kudus masih sangat tinggi yaitu mencapai 807 kejadian pada tahun 2015 dan didominasi kendaraan roda dua. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara independen variabel yaitu konsentrasi pengendara, kondisi kendaraan, karakteristik lalu lintas dan karakteristik jalan terhadap dependen variabel yaitu faktor kecelakaan lalu lintas. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengguna ruas jalan Ngembal Rejo Kudus. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna ruas jalan Ngembal Rejo. Teknik yang digunakan adalah tekhnik non-probability sampling dengan insidental sampling, yang merupakan suatu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapt digunakan sebagai sampel. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan : Y = 1,676 + 0,264 X1 + 0,325 X2 + 0,225 X3 + 0,219 X4 + μ Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif secara parsial antara konsentrasi pengendara terhadap faktor kecelakaan lalu lintas (thitung 2,805 > ttabel 1,9852), kondisi kendaraan terhadap faktor kecelakaan lalu lintas (thitung 3,372 > ttabel 1,9852), karakteristik lalu lintas terhadap faktor kecelakaan lalu lintas (thitung 2,992 > ttabel 1,9852) dan karakteristik jalan terhadap faktor kecelakaan lalu lintas (thitung 3,010 > ttabel 1,9852). Sedangkan untuk uji kelayakan model (Fhitung 28,752 > Ftabel 2,46). Pengaruh keempat variabel penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi Adjusted R2 = 0,529. Secara simultan variabel konsentrasi pengendara, kondisi kendaraan, karakteristik lalu lintas dan karakteristiki jalan berpengaruh 52,9% terhadap kecelakaan lalu lintas dan 47,1% dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi pada penelitian ini. Kata Kunci : Konsentrasi Pengendara, Kondisi Kendaraan, Karakteristik Lalu Lintas, Karakteristik Jalan Faktor, Kecelakaan Lalu Lintas.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 1301.12.018 |
Subjects: | Transportasi |
Divisions: | Program Studi > S1-Transportasi |
Depositing User: | AMNI Perpustakaan Semarang |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:15 |
URI: | http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/581 |
Actions (login required)
View Item |