ANALISIS RETENSI PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA KSOP KELAS 1 TANJUNG EMAS SEMARANG

ADENANTHERA, L. DEWA and LISDA, RAHMASARI (2024) ANALISIS RETENSI PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA KSOP KELAS 1 TANJUNG EMAS SEMARANG. PROSIDING.

[img] Text
PROSIDING ANALISIS RETENSI PELANGGAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
TURNITIN ANALISIS RETENSI PELANGGAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna jasa KSOP Kelas 1 Tanjung Emas Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna jasa KSOP Kelas 1 Tanjung Emas Semarang dengan responden sebanyak 120 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan analisis data berupa uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas; uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji auto korelasi; uji ketepatan model yang terdiri dari uji F dan uji koefisien determinasi; analisis regresi linier berganda; dan uji hipotesis Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi dengan bantuan SPSS 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retensi pelanggan dan kepuasan pealnggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi untuk retensi pelanggan adalah 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,109 sedangkan kepuasan pelanggan tingkat singnifikasinya adalah 0.001< 0.05 dengan koefisien regresi sebesar 0.211. Kata kunci: Retensi Pelanggan , Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pengguna Jasa

Item Type: Article
Subjects: Prosiding
Divisions: Program Studi > D3-Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:15
Last Modified: 11 Jan 2024 02:15
URI: http://repository.unimar-amni.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item