ANALISIS LALU LINTAS KAWASAN PERBELANJAAN OLEH – OLEH DI JALAN PANDANARAN KOTA SEMARANG

ARISTA, KIKI WULANDARI (2019) ANALISIS LALU LINTAS KAWASAN PERBELANJAAN OLEH – OLEH DI JALAN PANDANARAN KOTA SEMARANG. SKRIPSU.

[img] Text
pandanaran-1.pdf

Download (209kB)

Abstract

Semarang merupakan kota dengan perkembangan penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang tinggi dan semarang merupakan salah satu kota dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup tinggi, karena dengan jumlah volume lalu lintas yang tinggi, menuntut kapasitas dan kapabilitas dari ruas jalan yang tersedia, hal ini akan mempengaruhi permasalahan transportasi. Keadaan ini dialami oleh Jalan Pandanaran karena ruas jalan ini memiliki volume kendaraan yang cukup tinggi sebagai salah satu jalan di pusat perkotaan, oleh karena itu diperlu dilakukan analisis dan evaluasi agar tercipta efisiensi dan kenyamanan dalam berlalu lintas. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 7 hari (23 – 29 April 2012) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan, dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 ( MKJI 1997 ). Untuk ruas jalan perkotaan, digunakan formulir UR-1, UR-2, dan UR-3 (MKJI 1997).untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang meliputi analisis Kapasitas dan Volume Lalu-Lintas untuk jalan perkotaan. Selanjutnya untuk menentukan Derajat kejenuhan (DS) dan kriteria tingkat pelayanan (LOS) yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006 Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jalan Pandanaran dengan metode MKJI 1997, pada tahun penelitian 2010 Kapasitas (C) 5011 smp/jam dan Volume lalu-lintas (Q) 4400 smp/jam dengan derajat kejenuhan (DS) 0.87. Ruas jalan tersebut masuk kategori tingkat pelayanan kelas D. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Pandanaran memerlukan langkah-langkah untuk peningkatan kinerja jalan tersebut. Berdasarkan alternatif pemecahan masalah yang dilakukan, didapatkan bahwa pengoptimalan kapasitas jalan yang ada, mengurangi jumlah kendaraan yang melintas pada jam-jam sibuk, pengurangan hambatan samping lebih memungkinkan untuk digunakan dalam upaya mengatasi masalah kemacetan dan mempertahankan kelayakan kinerja ruas Jalan Pandanaran. Kata Kunci : Arus Lalu Lintas dan Ketertiban Lalu Lintas

Item Type: Article
Additional Information: 1303.10.005
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:15
Last Modified: 20 Jan 2020 02:15
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item