BUDI, SANTOSO (2019) FAKTOR ‒ FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESELAMATAN BERKENDARA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DIBAWAH UMUR. SKRIPSI.
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (580kB) |
Abstract
Keselamatan berkendara adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan dampak akibat kecelakaan lalu lintas. Apabila pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas, maka tingkat keselamatan berkendara akan meningkat. Pengguna jalan diharapkan lebih memprioritaskan keselamatan berkendara sebagai kebutuhan yang harus di jalankan saat berkendara di jalan raya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan berkendara, seperti : berkaitan dengan lingkungan, cuaca, perilaku pengendara, kondisi jalan, kelengkapan berkendara, penegakan hukum berlalu lintas dan kendaraan yang kesemuanya itu sangat mempengaruhi terjadinya kemacetan lalu lintas. Pada penelitian ini akan dinanalisis tiga variabel penelitian yaitu perilaku pengendara, kelengkapan berkendara penegakan hukum berlalu lintas sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu keselamatan berkendara. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara independen variabel yaitu perilaku pengendara, kelengkapan berkendara dan kepatuhan pada hukum lalu lintas terhadap dependen variabel yaitu keselamatan berkendara. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengguna sepeda motor dibawah umur di Kelurahan Tawangsari, Kabupaten Wonosobo. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan para orang tua yang telah memiliki anak di wilayah Kelurahan Tawangsari, Kabupaten Wonosobo. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling insidential dan metode analisis datanya yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif secara parsial antara perilaku pengendara terhadap keselamatan berkendara (t hitung 5,213>t tabel 1,9849), kelengkapan berkendara terhadap keselamatan berkendara (t hitung 4,516>t tabel 1,9849) dan penegakan hukum berlalu lintas terhadap keselamatan berkendara (t hitung 5,223> t tabel 1,9849). Secara simultan variabel perilaku pengendara, kelengkapan berkendara dan penegakan hukum berlalu lintas berpengaruh 65,8% terhadap keselamatan berkendara dan 34,2% dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi atau di luar variabel pada penelitian ini. Kata Kunci : Keselamatan Berkendara, Perilaku Pengendara, Kelengkapan Berkendara, Penegakan Hukum Berlalu Lintas
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 1201.11.020 |
Subjects: | Transportasi |
Divisions: | Program Studi > S1-Transportasi |
Depositing User: | AMNI Perpustakaan Semarang |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:15 |
URI: | http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/569 |
Actions (login required)
View Item |