ANALISIS MINAT PENUMPANG DALAM PENGGUNAAN JASA KMP DHARMA FERRY II JURUSAN LEMBAR – PADANG BAI (Studi Kasus Pada PT. ASDP Lembar, Lombok Barat)

I GEDE, PASEK SUARJANA (2019) ANALISIS MINAT PENUMPANG DALAM PENGGUNAAN JASA KMP DHARMA FERRY II JURUSAN LEMBAR – PADANG BAI (Studi Kasus Pada PT. ASDP Lembar, Lombok Barat). SKRIPSI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)

Abstract

Keberhasilan dari suatu perusahaan dalam bergerak dalam bidang jasa adalah apabila jasa yang ditawarkan perusahaan dapat diterima oleh konsumen dan dapat menjadikan konsumen tersebut puas dengan menggunakannya (dalam penelitian ini perusahaan dalam bidang jasa pelabuhan penyeberangan). Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, dalam rangka menjaga kelangsungan hidup operasional perusahaan agar dapat berkembang dan memperoleh laba adalah kegiatan service atau pelayanan. Service atau pelayanan dapat dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkan volume atau jumlah penumpang. Pelabuhan penyeberangan yang dimiliki PT. ASDP (Persero) dalam hal ini pelabuhan penyeberangan PT. ASDP Lembar diminati oleh masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan jasa penyeberangan. Penumpang pelabuhan ternyata tidak hanya dibatasi oleh komunitas tertentu, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa pelabuhan penyeberangan PT. ASDP (Persero) mempunyai segmen pasar yang luas, sehingga menimbulkan persaingan antar perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelabuhan penyeberangan. Masyarakat Indonesia adalah konsumen pengguna jasa penyeberangan yang dapat diperhitungkan oleh para produsen. Berdasarkan data yang penulis dapatkan bahwa calon penumpang bersifat heterogen, yang berarti mereka terdiri dari berbagai kelas sosial yang berbeda, dengan tingkat perbedaan yang berbeda pula. Jumlah mereka yang besar ini tentunya merupakan pasar potensial bagi perusahaan jasa pelabuhan penyeberangan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan : Y = 0,538 + 0,268.X1 + 0,374.X2 + 0,283.X3 +  . Berdasarkan uji “t” variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan penumpang secara positif dan signifikan dapat diurutkan secara parsial sebagai berikut : X1 (fasilitas perlengkapan kapal KMP. Dharma Ferry II : 2,781); X2 (Pelayaanan Crew Kapal KMP. Dharma Ferry II: 3,328); dan X3 (Pengoperasian Kapal KMP. Dharma Ferry II: 2,813). Kata Kunci : Fasilitas Perlengkapan kapal, Pelayanan Crew kapal dan Pengoprasian kapal

Item Type: Article
Additional Information: 1403.11.018
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:12
Last Modified: 20 Jan 2020 02:12
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item