ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN CILACAP – KAWUNGANTEN

HENDRIKUS, OLA MUKIN (2019) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN CILACAP – KAWUNGANTEN. SKRIPSI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis angka keterlibatan kecelakaan per – 100 juta kendaraan km, tingkat kecelakaan, angka tingkat kecelakaan pada suatu ruas dan titik tertentu yang rawan terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia, pada jalan Cilacap-Kawunganten Kabupaten Cilacap. Data kecelakaan yang terjadi dari tahun 2009 - 2013 di jalan Cilacap-Kawunganten didapat penulis dari Polres Cilacap. Data kecelakaan ini meliputi jumlah kejadian kecelakaan, waktu terjadi kecelakaan, jumlah korban kecelakaan yang meninggal dunia, luka berat, luka ringan, jumlah perkiraan kerugian material, jenis kendaraan yang terlibat kecelakaan, dan tipe kejadian kecelakaan. Dari analisis penulisan dapat disimpulkan bahwa RA (Angka keterlibatan) dari tahun 2009 - 2013 adalah 34 kejadian dan RSC (Tingkat kecelakaan rata - rata) adalah 171 kejadian maka dapat diketahui bahwa tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan Cilacap-Kawunganten adalah masih dalam batas tidak normal karena jumlah RA lebih kecil dari RSC, adapun jumlah RSP (Tingkat kecelakaan pada titik tertentu) dari periode 2009 - 2013 adalah 1.710 kejadian rawan kecelakaan dan indeks keparahan korban yang terjadi adalah 61% jadi dalam setiap kecelakaan kemungkinan terjadi korban meninggal dunia adalah 61%. Prediksi dari hasil perhitungan Trend menunjukkan Peningkatan 89 pada tahun 2014, menjadi 110 pada tahun 2015, menjadi 131 pada tahun 2016, menjadi 152 pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 menjadi 173. Untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi selama ini maka hendaknya para instansi terkait (Polantas, DLLAJ, Bina Marga) dapat melakukan tindakkan - tindakkan untuk mengurangi tingkat kecelakaan untuk tahun berikutnya dengan cara memaksimalkan kerja personil yang bertugas di jalan raya serta meminimalisirkan kecelakaan, penataan kembali seperti pemasangan pembatas jalan, penertiban pedagang, dan perlu adanya infrastruktur prasarana lalu lintas. Kata kunci : Kecelakaan Lalulintas, Ruas Jalan, Faktor Manusia, Faktor Kendaraan

Item Type: Article
Additional Information: 1403.11.003
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:13
Last Modified: 20 Jan 2020 02:13
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item