PENGARUH PELAYANAN, KENYAMANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MENGGUNAKAN JASA KMC. KARTINI I

Retno, Mulatsih and Yoni, Agus Saputra (2022) PENGARUH PELAYANAN, KENYAMANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MENGGUNAKAN JASA KMC. KARTINI I. ARTIKEL ILMIAH.

[img] Text
PENGARUH PELAYANAN, KENYAMANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MENGGUNAKAN JASA KMC. KARTINI I.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan penumpang dalam menggunakan suatu produk/jasa harus dipenuhi oleh suatu perusahaan atau organisasi. Pada penelitian ini akan diamati pola perilaku penumpang, untuk memperoleh suatu perumusan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kepuasan penumpang dipengaruhi oleh factor-faktor yaitu pelayanan, kenyamanan dan harga tiket. Berdasarkan factor empirik dari model penelitian dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda dan dengan alat bantu statistic SPSS Ver 16,0, didapatkan persamaan hasil penelitian sebagai berikut : Y=4,722+0,535X1+0,045X2+0,054X3+µ. Independen variable dalam hal ini pelayanan, kenyamanan dan harga tiket secara individu maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dependen variable yaitu kepuasan penumpang. Kepuasan penumpang berdasarkan atas hasil uji t pada penelitian ini dipengaruhi oleh faktor pelayanan (t-hitung=5,279), faktor kenyamanan (t-hitung=2,461) dan faktor harga tiket (t- hitung=3,587), dimana semua nilai t-hitung > t-tabel. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang, (2) Kenyamanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan penumpang, (3) Harga tiket berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan penumpang. Secara simultan pelayanan, kenyamanan dan harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Kata Kunci : Pelayanan, kenyamanan, harga tiket, kepuasan penumpang.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Ilmiah Dosen
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:26
Last Modified: 05 Jun 2023 04:26
URI: http://repository.unimar-amni.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item