PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR, KONDISI JALAN, DANKONDISI KENDARAAN TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA SEPEDA MOTOR DI RUAS JALAN ARTERI SOEKARNO – HATTA SEMARANG

PUTRI, AYU DAMAYANTI (2019) PENGARUH PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR, KONDISI JALAN, DANKONDISI KENDARAAN TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA SEPEDA MOTOR DI RUAS JALAN ARTERI SOEKARNO – HATTA SEMARANG. SKRIPSI.

[img] Text
proposal bab 1 2 3.pdf

Download (347kB)

Abstract

Masalah lalu lintas merupakan masalah yang berskala nasional yang berkembang seirama dengan perkembangan masyarakat. Masalah yang dihadapi sekarang ini adalah masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya karena kurangnya kesadaran akan keselamatan berkendara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan berkendara seperti perilaku pengendara, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah pengaruh yang positif baik secara individual dan simultan antara variable independen yaitu pengendara, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan terhadap variabel dependen yaitu keselamatan berkendara. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengendara sepeda motor pengguna jalan Arteri Soekarno – Hatta Semarang. Sumber data meliputi data primer dan sekunder.Sampel pada penelitian ini adalah 75 responden.Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan : Y = 1,118 + 0,279 X1 + 0,297 X2 + 0,380 X3 Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif secara parsial antara perilaku pengendara sepeda motor terhadap keselamatan berkendara sepeda motor (t hitung 2,176>t table1,9930), kondisi jalanterhadap keselamatan berkendara sepeda motor (t hitung 2,704 >t tabel1,9930) dan kondisi kendaraanterhadap keselamatan berkendara sepeda motor (t hitung4,137 >t table1,9930). Sedangkan untuk uji kelayakan model (F hitung40,59 >F tabel2.73). Pengaruh ketiga variabel penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi R = 0,616. Secara simultan variabel perilaku pengendara sepeda motor, kondisi jalan dan kondisi kendaraanberpengaruh 61,6% terhadap keselamatan berkendara sepeda motordan 38,4%dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi pada penelitian ini. vii Kata Kunci: Keselamatan Berkendara Sepeda Motor, Perilaku Pengendara Sepeda Motor, Kondisi Jalan, Kondisi Kendaraan

Item Type: Article
Additional Information: 1201.11.061
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:11
Last Modified: 20 Jan 2020 02:11
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item