PAULUSI, EDDY ZAHYAN (2019) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI DI SEMARANG (Studi Kasus Bus Damri Jurusan Pucang Gading – Ngaliyan). SKRIPSI.
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) |
Abstract
Perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang jasa transportasi darat akan dapat bersaing dengan perusahaan sejenis dan supaya tujuan perusahaan bisa tercapai, jika ditangani oleh manajemen dan sumber daya manusia yang mempunyai profesionalisme dan loyal pada perusahaan dalam menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. Perusahan jasa transportasi darat dalam hal ini Bus Damri Semarang, sesuai dengan peraturan perusahaan dan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan kepuasan penumpang untuk menggunakan jasa transportasi Bus Damri, khususnya jurusan Pucang Gading - Ngaliyan, maka perusahaan perlu memberikan pelayanan, harga tiket dan kenyamanan yang sesuai dengan perkembangan perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang, seperti : harga tiket, kenyamanan, pelayanan, fasilitas dan keamanan, yang kesemuanya itu sangat menentukan dalam proses perkembangan perusahaan selanjutnya. Pada penelitian ini akan dinanalisis tiga variabel penelitian yaitu kenyamanan, harga tiket dan pelayanan sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu kepuasan penumpang. Perumusan masalah , tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan baik secara individual dan simultan antara independen variabel yaitu kenyamanan, harga tiket dan pelayanan terhadap dependen variabel yaitu kepuasan penumpang. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah penumpang Bus Damri Jurusan Pucang Gading - Ngaliyan. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan penumpang Bus Damri Jurusan Pucang Gading - Semarang. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Ver 13,0 yaitu Y = 0.790 + 0.407. X1 + 0.317. X2 + 0.230. X3 + . Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kenyamanan terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 6.420 > t tabel = 1.9850), harga tiket terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 5.600 > t tabel = 1.9850) dan pelayanan terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 3.766 > t tabel = 1.9850). Sedangkan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan (F hitung = 117.909 > F tabel = 2.7). Pengaruh ketiga variabel penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi R = 0.887, Secara simultan variabel kenyamanan, harga tiket dan pelayanan berpengaruh 78.7 % terhadap kepuasan penumpang dan 21.3 % dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi pada penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 601.05.005 |
Subjects: | Transportasi |
Divisions: | Program Studi > S1-Transportasi |
Depositing User: | AMNI Perpustakaan Semarang |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:10 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:10 |
URI: | http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |