ANALISIS FAKTOR KEMACETAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN M.T HARYONO SEMARANG

Rise, Hari Budi Sasongko (2019) ANALISIS FAKTOR KEMACETAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN M.T HARYONO SEMARANG. SKRIPSI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (457kB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Jika arus lalu lintas mendekati kapasitas, kemacetan mulai terjadi. Salah satunya permasalahan lalu lintas pada transportasi darat yang cukup rumit dihadapi saat ini adalah rendahnya kemampuan penyediaan prasarana jaringan jalan, sementara tingkat arus kendaraan semakin meningkat. Kondisi seperti ini mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas di berbagai ruas jalan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemacetan lalu lintas, seperti : berkaitan dengan kapasitas jalan, karakteristik lalu lintas, lingkungan dan kendaraan yang kesemuanya itu sangat mempengaruhi terjadinya kemacetan lalu lintas. Pada penelitian ini akan dianalisis tiga variabel penelitian yaitu volume lalu lintas, karakteristik parkir dan hambatan samping sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu kemacetan lalu lintas. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara independen variabel yaitu volume lalu lintas, karakteristik parkir dan hambatan samping terhadap dependen variabel yaitu kemacetan lalu lintas. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah pengguna sepeda motor pada ruas jalan M.T Haryono Semarang. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna sepeda motor pada ruas jalan M.T Haryono Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling insidential dan metode analisis datanya yang digunkan adalah teknik regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif secara parsial antara volume lalu lintas terhadap kemacetan lalu lintas (t hitung 2,493>t tabel 1,9849), karakteristik parkir terhadap kemacetan lalu lintas(t hitung 3,990>t tabel 1,9849) dan hambatan samping terhadap kemacetan lalu lintas(t hitung 4,542>t tabel 1,9849). Sedangkan untuk uji kelayakan model (F hitung40,740>F tabel 2,70). Pengaruh ketiga variabel penelitian sangat kuat dengan nilai korelasi R Square = 0,560. Secara simultan variabel volume lalu lintas, karakteristik parkir dan hambatan samping berpengaruh 56% terhadap kemacetan lalu lintas dan 44% dipengaruhi oleh variabel penelitian yang tidak terdeteksi atau di luar variabel pada penelitian ini. Kata Kunci : Kemacetan Lalu lintas, Volume Lalu Lintas, Karakteristik Parkir, Hambatan Samping

Item Type: Article
Additional Information: 1301.12.085
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:09
Last Modified: 20 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item