PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA TIKET, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KERETA API EKONOMI AC MENOREH

SOFIA, DEWI KUSUMASTUTI (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA TIKET, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KERETA API EKONOMI AC MENOREH. SKRIPSI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (548kB)

Abstract

Perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang jasa moda transportasi darat atau dalam hal ini adalah kereta api, akan dapat berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan dan bisa tercapai, jika ditangani oleh manajemen dan sumber daya manusia yang mempunyai profesionalisme dan loyal pada perusahaan dalam menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. Perusahan jasa moda transportasi darat dalam hal ini KA. Menoreh, sesuai dengan peraturan perusahaan dan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan kepuasan penumpang untuk tetap loyal menggunakan KA.Menoreh , maka perusahaan perlu memberikan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang KA. Menoreh, seperti : harga, kenyamanan, pelayanan, fasilitas dan keamanan, yang kesemuanya itu sangat menentukan dalam proses perkembangan perusahaan selanjutnya. Pada penelitian ini akan dinanalisis tiga variabel penelitian yaitu kualitas pelayanan, harga tiket dan fasilitas sebagai independen variabel yang mempengaruhi dependen variabel yaitu kepuasan konsumen dalam menggunakan KA. Ekonomi AC Menoreh. Perumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang positip dan signifikan baik secara individual ataupun simultan antara independen variabel yaitu kualitas pelayanan, harga tiket dan fasilitas terhadap dependen variabel yaitu kepuasan penumpang. Pada penelitian ini obyek yang diambil adalah penumpang KA. Ekonomi AC Menoreh. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah 90 responden yang merupakan penumpang KA.Ekonomi AC Menoreh. Teknik analisis datanya adalah teknik regresi linier berganda . Hasil analisis dengan alat bantu statistik program SPSS Ver 17,0 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1,071 + 0,381. X1 + 0,285 X2 + 0,269. X3 + µ. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 5,371 > t tabel = 1,6628) , harga tiket terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 4,158 > t tabel = 1,6628) dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang (t hitung = 3,664 > t tabel = 1,6628) secara individual. Harga tiket dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang adalah sebesar 76,4 % dan sisanya 23,6 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdeteksi.

Item Type: Article
Additional Information: 1403.11.009
Subjects: Transportasi
Divisions: Program Studi > S1-Transportasi
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:09
Last Modified: 20 Jan 2020 02:09
URI: http://repository.stimart-amni.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item