PEMANFAATAN APLIKASI “QUIZIZ” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM BAGI MAHATAR POLITEKNIK BUMI AKPELNI SEMARANG

HARYANI, HARYANI and APRILLINA, APRILLINA PEMANFAATAN APLIKASI “QUIZIZ” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM BAGI MAHATAR POLITEKNIK BUMI AKPELNI SEMARANG. PROSIDING KEMARITIMAN 2021.

[img] Text
article.pdf

Download (483kB)

Abstract

Untuk mensiasati larangan pemerintah dalam pelaksanaan pembelajara tatap muka, pengajar dituntut untuk lebih kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis daring. Salah satu aplikasi online yang dapat digunakan oleh para pendidik dalam kondisi saat ini adalah “Quizizz”. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui persepsi para Mahatar S1 Reguler Transportasi Laut dalam menggunakan aplikasi Quizizz, keuntungan yang diperoleh dan kendala apa saja yang muncul. Metode riset yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instumen penelitian yang digunakan adalah laptop PC dan aplikasi Quizizz yang diakses melalui link: http://quizizz.com. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mendownload hasil quiz yang telah dilakukan oleh para peserta didik Semester IV (Angkatan 55), dan teknik analisa data dilakukan dengan metode “Content analysis”. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa: Persepsi Mahatar terhadap penggunaan aplikasi ini adalah positif dan baik, dan keuntungan yang diperoleh adalah pengajar dapat dengan mudah mengoreksi soal-soal yang telah dipersiapkan sesuai dengan materi ajar yang diberikan, dan sekaligus dapat melihat jumlah jawaban yang benar dan akurat, serta otomatis muncul. Selain itu kendala yang dihadapi adalah dilakukannya pengulangan pada pengerjaan kuis, karena nilai para Mahatar dibawah rata-rata. Ketersediaan waktu untuk membuat soal, dan jaringan internet juga merupakan hal utama yang dijadikan kendala. Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Quizizz” dapat digunakan oleh semua latar belakang ilmu yang berbeda, dan aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi para pengajar Bahasa Inggris sehingga kegiatan pembelajaran di virtual room dapat lebih efektif sehingga menghindarkan mahasiswa dari rasa bosan, hilangnya konsentrasi berpikir dan rendahnya motivasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding
Depositing User: AMNI Perpustakaan Semarang
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:06
Last Modified: 19 Oct 2021 12:45
URI: http://repository.unimar-amni.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item